Laman

Monday, November 8, 2010

10 Lubang Besar di Dunia

1.Darvaza Gas Crater - Turkmenista


Pada tahun 1971, ahli geologi menemukan penyimpanan gas terbesar dibawah tanah, pada saat penggalian lubang ini, pengeboran ambruk dan meninggalkan lubang terbesar dalam sejaran manusia. untuk mencegah gas berasun keluar maka lubang tersebut dibakar. api tersebut akan terus menyala dan tidak akan pernah padam. memiliki lebar sebesar 60 meter dan kedalaman 20 meter.


2. Kimberley Diamond Mine - South Africa


Kimberley Diamon Mine ( kadang disebut big hole kadang namanya sukadidebatkan ) menjadi lubang terbesar di dunia yang dibuat oleh manusia . Dari tahun 1866-1914, 50.000 penambang menggali lubang dengan menggunakan sekop, menghasilkan 2.722 kg berlian. termasuk sebagai situs warisan dunia..


3. Monticello Dam - California

 
Monticello Dam adalah bendungan di Napa County, California, Amerika Serikat yang paling terkenal karena air yang masuk sebesar 48.400 meter kubik

4. Bingham Canyon Mine - Utah


Bingham Canyon Mine adalah tambang tembaga di pegunungan Oqirrh, Utah.
kedalaman tambang sebesar 0,75 mil (1,2 km) yang mendalam 2,5 mil ( 4 km) lebarnya. ini adalah buatan manusia terbesar di dunia penggalian.

5. Great Blue Hole - Belize


Great Blue Hole adalah lubang pembuangan di lepas pantai Belize. Lubang ini memiliki kedalaman 1000 meter dan 400 meter. lubang ini dibentuk sebagai gua kabur selama zaman es.

6. Mirny Diamond Mine - Siberia


Mirny Diamon Mine memiliki kedalaman lebih dari 525 meter dan memiliki diameter 1200 meter. ini salah satu penggalian terbesar. untuk pengoperasian mengambil barang dari dasar ke atas dengan kendaraan truk memakan waku selama dua jam

7. Diavik Mine - Canada


Diavik Mine adalah tambah di kawasan kanada utara. tambang ini enghasilkan 8 juta karat atau sekitar 1.600 kbg berlian setiap tahunnya.

8.Sinkhole - Guatemala


Kedalaman 300 kaki pada tahun 2007 ,lubang ini terbuat oleh derasnya hujan dan limbah bawah tanah. sempet membunuh 2 orang dan menyebabkan ribuan roang dievakuasi, dan menelan selusin rumah di Guatemala.

9. Udachnaya Pipe - Russia


Kedalaman dari tahun 1955 = 600 meter.. sekarang ga tau, Lubang Udachnata adalah sebuah tambang berlian di Rusia. tambang ini baru dihentikan operasinya tahun ini ( 2010 ), tambang ditemukan sejak 1955.


10. Chuquicamata - Chile


Kedalaman 850 meter, Chuquicamata adalah sebuah lubang tembaga di Chili. tambang dengan total produksi terbesar tembaga di dunia - meskipun bukan tambang tembaga terbesar.

No comments:

Post a Comment